Saturday, 17 March 2007

My Secret Behind Entrepreneur

Judul yang ‘sok english’ dan sekaligus menjadi “pendahuluan” di blog saya. Saya mulai dengan cerita penting dalam hidup saya, yang menjadikan saya selalu ingin memperbaiki diri terus menerus. Apa itu?

Saya bekerja sebagai Web Programmer di perusahaan asing yang bergerak di bidang geographic information system (GIS) di Jakarta. Sejak pertamakali saya bekerja, banyak hal yang membuat saya frustasi dan kecewa dengan keputusan-keputusan pihak manajemen.

Saya merasa dirugikan, tetapi saya terus mencoba bertahan dan berusaha untuk bisa enjoy bekerja.Tak lama kemudian saya menuai hasilnya, saya beserta tim saya ditempatkan di ruang baru dan juga sejak itu banyak teman-teman yang membuat saya gembira.

Namun, entah kenapa saya selalu saja merasa bukan ini yang saya inginkan. Tiap hari dengan rutinitas, berangkat kerja – kerja pagi sampe sore – pulang kerja, dan terus dilakukan dari senin sampai jumat. Hari sabtu dan minggu menjadi hari untuk balas dendam, minggu malam harus sudah menyegerakan tidur biar besok paginya tidak telat, jika telat potong gaji :(.

Pekerjaan yang saya kerjakan adalah maintenance, mengerjakan project baru berbasis web, yang itu semua sama jika dilihat dari segi bussines logic nya. Sampai-sampai saya pernah mengerjakan sebuah project selesai hanya dalam 30 menit, karena saya sering mengerjakan yang itu-itu aja, tidak ada lagi tantangan.

Tetapi, saya tidak ingin berlarut-larut dalam kebosanan. Saya coba menerapkan teknologi baru kedalam aplikasi yang masih standard dengan semangat meneliti dan menerapkannya. Setelah selesai, perusahaan dengan senang hati “menyantapnya”. Saya dapat apa dari kantor? Tidak dapat apa-apa tuh (cuaape’ deh :P)

Setelah itu, kembali kerja seperti biasa, tidak ada project baru, maintenance kadang seminggu hanya 3 web klien yang musti diupdate. Tidak ada kerjaan, saya lebih banyak browsing, chatting dan hal-hal lainnya yang tidak berhubungan dengan pekerjaan kantor.

Saya merasakan bahwa, sistem kerja kantoran tidak cocok buat saya pribadi. Saya merasa bersalah dan berdosa, karena saya digaji untuk bekerja bukan untuk browsing, chating, dll. Serba salah itulah yang saya rasakan.

Suatu ketika saya jatuh sakit dan tidak masuk kerja kantor beberapa hari (kira-kira 3 bulan yang lalu). “Aku harus cepat sembuh!” ucapku dalam hati. Di sini saya terinspirasi untuk membaca buku, kenapa terinspirasi karena sebelumnya saya tidak suka membaca buku.

Segera setelahnya, saya mulai mencari-cari buku di rak-rak lemari, kemudian mata saya tertuju ke buku kecil bersampul warna putih dan mungil, “First Step To Be An Entrepreneur” judulnya. Buku ini dipinjamkan temen saya sewaktu saya ikut salah satuh bisnis network marketing. Pada saat itu saya tidak membacanya sama sekali.

Bahasa yang sederhana sehingga mudah dimengerti oleh saya yang tidak suka baca buku sebelumnya, bab demi bab semakin membuat saya bergairah. “Subhanallah” saya seperti dibimbing oleh Nya untuk menjadi seorang Entrepreneur.

Sejak itu, saya mulai sering dan gemar membaca buku, blog dan artikel. Juga sering mencari hal-hal yang berkaitan dengan “entrepreneur” di internet, pertamakali saya menemukan website pak Purdi E Chandra.

Di sini saya banyak terinspirasi dengan artikel-artikel yang ada. Artikel yang paling berkesan buat saya yaitu artikel dari Pak Rusman Hakim yang diberi judul “Kisah Sang Mentor”.

Kemudian di web tersebut, saya juga menemukan buku berjudul “Master Your Mind, Design Your Destiny” (Adam Khoo). Subhanallah, isi buku ini merubah paradigma berfikir, dari buku ini mengingatkan saya akan suatu ayat Al-Qur’an bahwa “Allah tidak akan merubah nasib kamu jika kamu tidak merubahnya terlebih dahulu”.

Saya terus berusaha merubah nasib saya dengan memperbaiki diri, bertahap saya mencoba menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk saya dan selalu minta pertolongan dan bimbingan Nya melalui doa.

Kemudian, saya menemukan milis IYE (Indonesia Young Entrepreneurship), tapi saya tidak puas. Saya terus mencari hingga ketemu salah satu blog milik anggota TDA (Tangan Di Atas), dari situ saya menemukan blognya Pak Roni Yuzirman, Pak Hadi Kuntoro, blog Pak Fauzi Rachmanto dan blog-blog TDA lainnya.

Awalnya saya tidak tahu kalau TDA itu ada milisnya, saya hanya membaca artikel dari blog-blog TDA. Kemudian, karena saya sering membaca blog-blog TDA, saya semakin ingin tahu tentang komunitas ini.

Saya memberanikan diri menghubungi pak Roni, melalui Yahoo Messanger yang Id YMnya saya dapatkan dari blog beliau. Dan untungnya pak Roni saat itu lagi online karena sepengetahuan saya beliau jarang online di ym.

Sejak itu, saya tergabung menjadi anggota milis TDA. Subhanallah, milis ini sangat aktif dibanding dengan milis-milis lainnya yang saya punya, karena milis ini lebih banyak actionnya. Jadi ingat kata pak Roni di blognya “Take action miracle happen, no action nothing happen”.

Hadiah pertama buat saya dari milis ini adalah film “The Secret”, walaupun saya tidak sempat ikut acara nonton barengnya, namun dari milis itu saya mengerti inti dari film itu

The Law of Attraction (Hukum Ketertarikan) inti dari film tersebut. Yaitu, fikiran kita seperti magnet jika kita berfikir positif maka hal-hal positif akan datang ke diri kita. Namun, sebaliknya jika kita berfikir negatif maka kita akan menarik hal-hal negatif. Film ini mengingatkan saya cerama Aa Gym “Carilah seribu satu alasan untuk berprasangka baik”.

Saya jadi tahu alasan kenapa harus berfikir positif, sejak itu saya mempraktekannya tanpa beban sama sekali, “plong gitu aja”. Dulunya saya sering ngedumel jika bawa motor “diklaksonin” oleh kendaraan dibelakang saya. Sekarang saya berfikir positif aja “Bunyi klakson tersebut membantu saya untuk fokus dan tidak ngebut dijalan” jadi saya malah berterima kasih sama yang pencet klakson itu. :D

Dari kejadian-kejadian ini saya ingin terus memperbaiki diri menjadi orang yang lebih baik hari demi hari. Dan yang terpenting dari ini semua adalah saya punya keyakinan yang kuat untuk menjadi seorang Entrepreneur. Insya Allah seperti entrepreneurship yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW. Amin3x.

“Start from ourself, start from small thing, start and act now”.


Firdaus HM: halo pak roni...
Firdaus HM: assalamualaikum wr wb
Roni Yuzirman: wa'alaikum salam wr wb
Firdaus HM: sudah 2 bulan terakhir saya menyimak tentang web2 entrepreneur termasuk tangandiatas.com
Firdaus HM: saya berniat ikut komunitas TDA
Firdaus HM: tapi saya bingung gmn caranya
Firdaus HM: :(
Roni Yuzirman: tks pak
Roni Yuzirman: silakan kirim email ke saya aja...
Roni Yuzirman: nanti saya add
Firdaus HM: ok pak..
Firdaus HM: sudah saya kirim emailnya ke bapak...
Firdaus HM: makasih pak sebelumnya
Roni Yuzirman: sama2. mohon ditunggu...
Firdaus HM: iya saya tunggu pak..
Roni Yuzirman: sekantor dg rizal firdaus ya?
Firdaus HM: iya pak...
Firdaus HM: koq tau?
Roni Yuzirman: :)
Firdaus HM: :)
Firdaus HM: wah bapak jaringannya luas
Roni Yuzirman: itu saudara saya
Firdaus HM: ah, yang bener pak?
Roni Yuzirman: coba tanya deh...
Firdaus HM: wah2......dunia ini sempit
Roni Yuzirman: mas guruh kenal?
Roni Yuzirman: dia member tda juga, dulu kerja di virtual map juga
Firdaus HM: wah mas guru dulu di sini...sebelum saya kerja di sini pak
Roni Yuzirman: tau ym-nya rizal?
Firdaus HM: sebentar pak
Firdaus HM: beliau lagi ga ditempat
Roni Yuzirman: ya udah, titip salam aja kalau nanti ketemu...
Firdaus HM: iya pak...
Firdaus HM: oiya mas guruh aktif di TDA ya pak?
Roni Yuzirman: iya, di tda it
Roni Yuzirman: mas firdaus programer juga?
Firdaus HM: iya pak...
Firdaus HM: mas guruh dulu admin di virtualmap
Roni Yuzirman: sekarang dia bisnis it, gabung dgn member tda it di mangga dua square
Roni Yuzirman: dulu rizal yang ajak dia gabung tda...
Firdaus HM: ooo gitu ya pak....
Firdaus HM: asik saya punya kenalan di TDA
Roni Yuzirman: :)

9 comments:

acwo said...

Tiptop blog, I like it :)
keep it up!
acwo
http://tytka.blogspot.com

Firdaus HM said...

Thanks acwo, i like your blog too :)

Yeti said...

Selamat buat Daus yang berusaha untuk lepas dari rutinitas kantor dan berusaha untuk meraih kesempatan yg lebih bagus dan menantang. Jangan patah semangat dan terus berjuang :D

Firdaus HM said...

terima kasih mba Yeti atas supportnya

Frans Budi said...

Halo salam kenal melihat artikel anda sungguh bagus. Di dalam kehidupan ini ada hal yang pasti selalu terjadi dan semuanya bersumber dari pikiran kita.Banyak buku mengemukakan bahwa kalo pikiran kita positif maka hasilnya pasti baik tapi kalo sebalinya tentu bias diterka. Btw sudah nonton film The Secret belum…wow film ini sangat bagus banyak dari beberapa penulis blog di TDA yang membahas dan bahkan sudah ada yang mempraktekkan Law of Attraction..Mau tahu lebih lanjut boleh lah link ke franxbudi.blogspot.com atau mau dapat langsung pelajaran gratis dari Bob Proctor dan Jack Canfield klik aja ke www.connect.thesgrprogram.com

Salam ya,
franxbudi.blogspot.com

Firdaus HM said...

terima kasih mas budi udah mampir dan comment anda sangat bagus sekali. Film the Secret sangat funtastic, bahkan saya telah menontonya 3x, ya betul sekali. "berfikir positif" adalah hikmah yang bisa saya ambil dan saya praktekan sampai sekarang.

Jennie said...

I completely agree with The Secret. I've been practicing it since a long time ago. I believe in the power of thoughts. We all can change the world, one breath at a time. Start with ourselves.

Jennie S. Bev

Firdaus HM said...

@mba Jennie. Thanks for comment,"God will never change our destiny, before we want to try to change it first"
@mas Budi. Terima kasih mas Budi, bekerja di rumah, bekerja di kantor, itu hanyalah pilihan. Kebetulan saya programmer, hal ini memungkinkan saya untuk bekerja di rumah, dan menurut saya pribadi itu merupakan pilihan yang tepat.

YanZ - Pemilik www.JKToko.com said...

Mas Firdaus, selamat dan semoga sukses...
Selamat atas "kemenangan" Anda dengan melangkah utk berusaha..dan semoga dilanjutkan dengan kemenangan2 berikutnya..