Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Entrepreneur yang Sukses Membangun Bisnis dari Nol

Buku yang dikarang oleh Sudarmadi dengan judul “10 Pengusaha yang Sukses Membangun Bisnis dari 0” sangat inspiratif untuk dibaca, dan saya merekomendasikan buku ini dibaca untuk rekan2 yang baru akan mulai atau sedang merintis bisnisnya. Menariknya sebelum buku ini dibuat, penulis melakukan riset sekitar 2 tahun untuk menemukan pengusaha yang benar-benar bisa dicontoh baik dari sisi kesuksesan bisnisnya maupun dari sisi integritas dan caranya meraih kesuksesan. 

10-pengusaha-yang-sukses-membangun-bisnis-dari-0-oleh-sudarmadi

Mereka bukan pengusaha yang suka “menileb” uang negara melalui kredit BLBI. Juga bukan pemilik perusahaan di mana karyawannya sering mendemo karena gaji dibawah UMR. Bahkan penulis tidak mau memilih entrepreneur yang bisnis kontraktor proyek-proyek pemerintah. Bukan berarti penulis mencurigai mereka sebagai pebisnis yang suka KKN, namun ini bagian dari kehati-hatian, untuk memastikan bahwa pengusaha yang diulas memang sukses karena kemampuannya bertarung di pasar secara fair, tidak karena dibantu fasilitas tertentu dari pemerintah atau rezim tertentu. 

 Hal penting lain, semua dari 10 pengusaha yang diulas di buku ini merupakan pengusaha yang benar-benar membangun usahanya sendiri dari nol. Mereka memulainya dari skala kecil. Kesuksesan mereka bukan karena warisan orangtua. Tidak. Ke-10 entrepreneur ini awalnya bukanlah pebisnis namun kemudian belajar berbisnis dan berhasil. Disinilah sisi menariknya, ada perjuangan, ada lika-liku, alias ada proses yang bisa digali dan dipelajari. Ke-10 entrepreneur tersebut adalah : Mohammad Nadjikh, Ronny Lukito, Ermin Nasution, Harijanto, Budiyanto Darmastono, Hardiyanto Hoesoedo, Harry Sanusi, Rudy Suardana, Winita E. Kusnandar, dan Heppy Trenggono. 

 Saya sangat terkesan dengan kisah perjalanan usaha Mohammad Nadjikh yang dimulainya dari sebuah ‘kandang kuda irak’ hingga sukses memajukan usaha cold stage-nya yang menjadi pengekspor ikan teri berkualitas terbesar di Indonesia. Perjalan usaha yang unik lainnya adalah perjalan usaha Pak Harijanto yang memulai karirnya dari seorang pegawai gudang hingga memiliki perusahaan sepatu terbesar di Indonesia. Saya kagum dengan pemikiran dan perhitungan beliau yang matang dan cepat dalam mengambil keputusan, beliau berani melakukan buy out / membeli perusahaan Astra Footwear yang sedang bermasalah pada saat itu. Wow, ga kebayangkan berapa besar resiko yang ditanggungnya?. Perjalanan usaha yang menarik lainnya adalah perjalanan usaha Pak Ronny Lukito yang memiliki perusahaan Tas dengan berbagai merek terkenal dan terbesar di Indonesia seperti Export, Elger BodyPack, dll. Pak Budiyanto Darmastono yang mendirikan perusahaan Kurir (PT NCS), dan ke-6 pengusaha lainnya yang menarik dibaca. Buku ini sangat patut untuk menjadi santapan bagi pengusaha yang akan memulai atau sedang mendirikan usahanya, karena di dalamnya banyak pelajaran yang bisa diambil. Sekian dan selamat membaca buku tersebut semoga terinspirasi. Buku terbitan Gramedia, harga Rp. 85.000,-. Jika kamu tidak sempat ke toko buku, kamu bisa memesannya secara online dengan harga Rp. 72.250,- di www.belidong.com

5 comments for "10 Entrepreneur yang Sukses Membangun Bisnis dari Nol"

Anonymous 30 June 2008 at 23:09 Delete Comment
Nice Info Mas Firdaus. Salam Sukses buat Kita semua. Terus Maju and terus Belajar..
Fokus pada apa yang diinginkan..
Kreditmart 13 October 2008 at 15:33 Delete Comment
Salam Sahabat Selalu
Unknown 29 June 2009 at 17:26 Delete Comment
This comment has been removed by the author.
Unknown 29 June 2009 at 17:32 Delete Comment
I believe the 11th entrepreneur would be you, Firdaus, someday.....

nice post, btw....although it take a looong time for me to read it...


http://greeenjava.blogspot.com
Unknown 13 November 2013 at 07:19 Delete Comment
Great! Love this kind of posts because you end up knowing more people and find out great inspiration! Online Travel Agencies